Senin, 21 Juli 2008

PEMUPUKAN PADA BAWANG MERAH/PUTIH



Pengolahan tanah :

Lahan yang telah dibuat bedengan pada bagian atasnya diberi pupuk kandang (yang sudah matang) kemudian semprotkan larutan Golden Harvest (1 liter Golden Harvest : air max 200 liter). Kemudian tutup permukaan bedengan dengan tanah. Biarkan selama minimal 3 hari, kemudian siap untuk ditanam. Tahap ini diperlukan 2 liter Golden Harvest per ha.

Aplikasi :

- Pemberian Golden Harvest ke 2 (15 hari setelah tanam)

Semprotkan larutan Golden Harvest (1 liter Golden Harvest : air max 200 liter) pada sekitar pangkal batang. Tahap ini kebutuhan Golden Harvest minimal 1 liter per ha.

- Pemberian pupuk kimia ke 1 (3 hari setelah pemberian Golden Harvest ke 2)

Kebutuhan untuk lahan 1 ha adalah sebagai berikut : Urea/ZA sebanyak 100 kg, TSP/SP-36 sebanyak 150 kg dan KCL sebanyak 100 kg, aduk sampai rata, berikan pada sekitar pangkal batang (jarak 10 cm dari batang) kemudian tutup dengan tanah.

- Pemberian Golden Harvest ke 3 (30-35 hr setelah tanam), semprotkan larutan Golden Harvest (1 liter Golden Harvest : air max 200 liter) pada sekitar pangkal batang. Tahap ini kebutuhan Golden Harvest minimal 1 liter per ha.

- Pemberian pupuk kimia yang ke 2 (3 hari setelah pemberian Golden Harvest yang ke 3). Pada pemupukan yang ke 2 hanya diberikan pupuk urea saja, sebanyak 100 kg untuk setiap ha, berikan secara merata pada setiap bedengan.

- Pemberian Golden Harvest selanjutnya setiap 15 hari sekali. Berikan larutan Golden Harvest (1 liter Golden Harvest : air max 200 liter) di sekitar pangkal batang. Tahap ini kebutuhan Golden Harvest minimal 1 liter per ha.

Tidak ada komentar: